Jurusan Menajemen Perkantoran (MP)

Jurusan Menajemen Perkantoran

Manajemen perkantoran (MP) adalah program studi yang memfokuskan pada belajar tentang cara mengelola dan mengoptimalkan kegiatan perkantoran agar terlaksana dengan baik. Siswa jurusan ini akan belajar tentang cara mengelola dokumen, arsip, dan informasi; cara mengatur dan mengelola keuangan perkantoran; cara mengelola sumber daya manusia di perkantoran; serta cara mengelola sistem informasi perkantoran

Materi dasar yang diajarkan dalam jurusan MP mencakup:

  1. Administrasi Perkantoran: Materi tentang manajemen waktu, pengelolaan dokumen, pengorganisasian ruang kerja, dan administrasi umum.
  2. Komunikasi Bisnis: Keterampilan menulis surat, email, dan laporan bisnis, serta kemampuan berbicara dan presentasi.
  3. Teknologi Informasi: Penggunaan perangkat lunak perkantoran seperti Microsoft Office, serta keterampilan dalam penggunaan komputer dan perangkat teknologi lainnya yang relevan.
  4. Pengembangan Kemampuan Kepemimpinan: Dasar-dasar kepemimpinan dan kemampuan manajemen tim.
  5. Etika Bisnis: Prinsip-prinsip etika dalam dunia bisnis.
  6. Hukum Perkantoran: Aspek hukum yang berkaitan dengan operasi perkantoran, seperti hukum ketenagakerjaan dan hukum kontrak.
  7. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM): Dasar-dasar manajemen tenaga kerja, termasuk rekruitment, pelatihan, dan evaluasi kinerja.
  8. Keuangan Perkantoran: Dasar-dasar keuangan perkantoran dan pengelolaan anggaran.

Peluang karir bagi lulusan jurusan MP termasuk:

  1. Manajer Perkantoran: Lulusan dapat menjadi manajer atau kepala bagian dalam berbagai jenis organisasi atau perusahaan. Mereka bertanggung jawab mengelola operasi sehari-hari perkantoran, mengawasi staf administratif, dan memastikan efisiensi dan produktivitas.
  2. Administrator Bisnis: Sebagai administrator bisnis, lulusan dapat bekerja di berbagai sektor industri untuk mengelola fungsi administratif dan operasi bisnis. Mereka dapat memainkan peran penting dalam menjaga kelancaran operasi perusahaan.
  3. Sekretaris Eksekutif: Sekretaris eksekutif mendukung eksekutif senior dalam organisasi dengan mengelola jadwal, menyusun rapat, menyiapkan dokumen, dan memberikan dukungan administratif yang diperlukan.
  4. Spesialis Administrasi: Lulusan dapat memilih untuk menjadi spesialis dalam berbagai aspek administrasi perkantoran seperti manajemen dokumen, manajemen inventaris, atau manajemen keuangan perkantoran.
  5. Koordinator Acara Bisnis: Mereka dapat bekerja sebagai koordinator acara bisnis yang mengatur pertemuan, seminar, konferensi, atau acara bisnis lainnya.
  6. Asisten Manajer: Sebagai asisten manajer, lulusan dapat bekerja dengan manajer atau pemimpin departemen dalam organisasi, membantu dalam pengelolaan operasi sehari-hari dan melaksanakan kebijakan dan prosedur.
  7. Spesialis Keuangan Perkantoran: Lulusan dapat bekerja dalam posisi yang melibatkan pengelolaan keuangan perkantoran, termasuk pengelolaan anggaran, pemrosesan tagihan, dan pencatatan keuangan.
  8. Manajer Sumber Daya Manusia (SDM) Perkantoran: Mereka dapat memilih untuk mengkhususkan diri dalam manajemen SDM dan bekerja untuk mengelola tenaga kerja perkantoran.
  9. Penyedia Layanan Pelanggan: Dalam beberapa perusahaan, lulusan Manajemen Perkantoran dapat bekerja dalam posisi yang berhubungan dengan pelayanan pelanggan, menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan menjawab pertanyaan atau masalah yang muncul.
  10. Konsultan Bisnis Independen: Beberapa lulusan dapat memilih untuk menjadi konsultan bisnis independen dan memberikan layanan konsultasi administratif kepada berbagai perusahaan.
  11. Pengusaha: Lulusan dengan semangat kewirausahaan dapat memulai usaha kecil mereka sendiri dalam bidang yang berkaitan dengan manajemen perkantoran, seperti jasa administrasi, manajemen acara, atau layanan konsultasi.

Kesimpulannya, lulusan jurusan Manajemen Perkantoran memiliki beragam peluang karir di berbagai sektor, termasuk manajemen perkantoran, administrasi bisnis, dan berbagai peran spesialis dalam pengelolaan perkantoran. Mereka juga dapat menjadi konsultan bisnis atau berwirausaha dalam layanan terkait manajemen perkantoran.